10 April 2012

Pantai Sundak, Keindahan Pantai di Yogyakarta

Pantai Sundak ini persisnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalan dari Kota Yogyakarta hanya ditempuh dalam waktu 3 jam saja.

Deretan dari Pantai Sundak ini sangat berdekatan dengan Pantai Baron dan Pantai Kerakal. Memang di Kabupaten Gunung Kidul ini sangat kaya sekali akan wisata pantai Pasir Putih dan batu karang atau Coralnya yang Indah dan menawan.

 
Kata-kata SUNDAK sendiri berasal dari Kata Asu atau anjing dan Landak, yang konon oleh penduduk setempat sebelum dijadikan tempat wisata Pantai Sundak ini sering dijadikan tempat bermain antara Asu dan Landak.

Selain anda bisa menikmati keindahan Pantai Sundak yang dikelilingi oleh Perbukitan yang hijau terhampar sehingga Pantai Sundak ini terkesan begitu sejuk nan hijau memukau, anda juga bisa melihat Goa yang jaraknya sangat cukup dekat dengan Sundak ini. Tapi awas anda harus cukup berhati - hati sekali untuk melihat Goa ini karena di dalam Goa ini mengalir air Bawah Tanah yang mengalir ke Pantai Sundak.

Hamparan pasir putih dan hijaunya alam disekitarnya dan ditambah deburan ombak, sangat indah dan sejuk sekali untuk dinikmati walaupun di cuaca siang hari tentu akan membuat para wisatawan yang bearda disini betah sekali. Anda juga bisa menikmati indahnya perbukitan yang hijau memukau ini, sehingga Pantai Sundak ini sangat Indah sekali apabila dilihat dari atas bukit.

Pantai-pantai di daerah istimewa yogyakarta banyak sekali yang mampu menawarkan eksotisme dan kenyamanan. Salah satu pantai yang mampu memberikan pesona dan panorama adalah pantai sundak yang ada di gunung kidul ini. Pantai sundak ini memang belum sefenomenal seperti keindahan pantai raja ampat yang berada di papua barat. Namun dari sisi keindahan panorama pemandangan dan eco tourism, pantai selatan DIY yang ada di kabupaten gunung kidul ini layak untuk menjadi referensi bagi para wisatawan.
Banyaknya pantai berpasir putih dan lingkungan yang masih asli, tentu nya menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan dari luar daerah Yogyakarta.

Salah satu keindahan pantai sundak adalah gelombang ombak yang tidak terlalu ganas, bahkan datarannya pun cukup landai dengan pasir putihnya.

Sementara untuk menginap di sekitar pantai, kini muncul beberapa cottage dan homestay dengan kelas hotel bintang. Selain menikmati keindahan panorama pantai, wisatawan yang datang ke pantai sundak bisa menikmati keindahan alam bawah laut, termasuk untuk wisata surving. Tidak hanya itu, panorama pegunungan karst juga menjadi magnet daya tarik bagi wisatawan domestik dan asing.

Keindahan pantai ini bisa dinikmati kapan saja dan oleh siapa saja. Dengan perjalanan darat selama kurang lebih 3-4 jam dari pusat kota yogyakarta, wisatawan akan di suguhkan panorama gugusan pegunungan seribu yang menjulang dan lingkungan yang hijau, seakan membuat wisatawan enggan beranjak dari kawasan pantai Sundak.

No comments:

Post a Comment